Senin, 02 Mei 2011

Zuppa Soup


Alhamdulilah akhirnya bisa juga buat zuppa soup.tdnya ga yakin langsung bisa buat setelah mengikuti kelas Pastry.krn saat buat " PASTRY" jenis Croissant sempet gagal.Hasil akhirnya tidak memuaskan,krn tdk berlapis2 dan renyah,tapi berbentuk spt roti.
Berikut ini aq coba Share resep Zuppa Soup dari NCC (Mohon Share ya Bu Fat). Tapi mohon maaf bu fat,berhubung Resepnya terselip sampai sekarang cara proses pembuatan berdasarkan daya ingat saya sewaktu kursus.

I. PUFF PASTRY

Bahan :
1 kg tepung terigu protein tinggi
550gr air
30 gr gula pasir
15 gr garam
50gr telur (lk1butir)
100gr margarin
500grm Korsvet/Pastry margarine

Cara membuatnya :
aduk tepung terigu,gula pasir,garam tuangi air dan telur.kemudian masukan margarin.uleni hingga setengah kalis.Istirahatkan adonan selama 30 menit di lemari pendingin.stlh itu keluarkan dan gilas melebar.letakkan pastry margarin yg sebelumnya tlh di pipihkan.lipat ke arah tengah menjadi dua lipatan.gilas ke arah lipatan.Masukkan ke dalam lemari pendingin,ulangi menggilas adonan kemudian di lipat kembali.gilas lagi ke arah lipatan.Lalu masukkan adonan ini ke dlm lemari pendingin.Ulangi sebanyak 3 kali selama 20 menit. Terakhir gilas kembali setebal 1 cm. potong dgn menggunakan cutter bentuk persegi ,dan usahakan agar kulit pastry menutupi mulut mangkuk. Panggang dgn suhu panas hingga matang.

II. SOUP AYAM JAMUR
Bahan :

100grm Jamur kaleng cincang
150grm ayam rebus,potong dadu
50grm bwg bombay,cincang
1,5lt kaldu ayam250ml susu evaporated
50grm tepung terigu
100grm menttega1/2sdt merica bubuk
2sdt garam
1sdt chicken Powder

Cara membuatnya:

Panaskan margarin,lalu masukkan cincangan bwg bombay,tumis hingga harum.Masukkan tepung ke dlm tumisan bawang lalu tuangkan susu yg tlh di campur dgn kaldu ayam secara perlahan2 sambil diaduk2 sampai mengental.masukkan semua sisa bahan2 aduk terus hingga rata. Biarkan di suhu ruang hingga dingin.Lalu tuang ke dlm mangkuk tahan panas atau bisa juga menggunakan Alfoil ukuran Cup Besar. Tutup mulut mangkuk dgn potongan Puff Pastry,balurkan dengan telur yg tlh di kocok dengan susu.


******Selamat Mencoba******

Tidak ada komentar: