Sabtu, 04 Juni 2011

Tempe Mendoan


Mengenal makanan yg satu ini ketika liburan sekolah, ibu selalu mengantar aku dan adik ke kota Kripik (Purwokerto).Setiap liburan eyang sll membuatkan makanan tradisional.entah itu getuk singkong,Carabikang,Kripik pisang Kepok(kebetulan eyang punya kebun isang di samping rumahnya shg tak perlu repot2 membelinya ke pasar).Suatu ketika beliau membuatkan kami makanan dr tempe yg bentuknya lebar pipih dan digoreng menggunakan campuran tepung terigu dan irisan daun bawang yg tlh dibumbui.Yg akhirnya aku mengetahui nama makanan khas kota itu adalah "MENDOAN" yg kalau diartikan adlh: Setengah matang.Dinamakan setengah matang krn menggorengnya memang tdk sampai matang ataupun kering. Berikut aku coba Share Resep dr Alhm Eyang yg kemudian diturunkan kepada Ibuku.Perlu diketahui aku lebih suka membuat bumbu sendiri ketimbang membeli bumbu jadi.krn disitulah letak rasa puas aku thdp bumbu yg aku olah dgn tangan aku sendiri.

********RESEP MENDOAN *********



Bahan2:
200 gran tepung terigu
2 siung bawang putih ukrn besar
2 siung bawang merah ukuran besar
1 sdm peres ketumbar bubuk
1 sdt garam
penyedap secukupnya
2 butir kuning telur ayam
1 cangkir air
2 bungkus tempe mendoan
1 batang daun bawang di iris tipis2
Cara Membuatnya :

Haluskan semua bumbu2,kemudian pindahkan ke dlm wadah plastik.Tuangkan 200gram tepung terigu kedalam campuran bumbu dan tepung.Aduk2 hingga tercampur rata.setelah itu masukkan 2 butir kuning telur dan aduk2 hingga rata.terakhir masukkan irisan daun bawang.masukan tempe mendoan ke dlm adonan,bolak balik tempe hingga tertutup adonan tepung.
Tuangkan minyak ke dalam wajan.biarkan hingga panas,setelah itu masukan tempe ke dlm minyak yg tlh panas,goreng hingga setengah matang.

SELAMAT MENCOBA

Tidak ada komentar: