Sabtu, 04 Juni 2011

Kue Soes

Soes Qu dengan Vla rasa jeruk ;)
Pelanggan setiaku,setiap saat......anak2ku sendiri ;)
Sebenernya membuat soes bukanlah hal yang pertama kali aku lakukan.Krn sejak aku kelas 2 SD aku sudah terbiasa melihat ibuku membuat soes. Beliau memberikan aku kepercayaan pertama kali untuk membantunya membuatkan soes waktu aku masih kelas 3 SD. ibuku memberikan pengarahan bahan2 yang di pakai terdiri dari air,mentega dan tepung untuk membuat bahan dasarnya.Ga langsung berhasil siih,krn pertama kali membuat aku mencampurnya sekaligus tanpa membiarkan air dan mentega mendidih dan larut. Alhasil yg terjadi bukan adonan dasar soes tapi ...bentuknya seperti Vla.aku bingung koq spt ini hasilnya,dan ibuku baru tersadar bahwa beliau lupa memberitahukan kl tepungnya terakhir di masukkan.Memang susah2 gampang membuat kue soes.kita harus tau seluk beluk cara pembuatannya,seperti mengolah bahan dasarnya,trs mengovennya pula.krn kalau adonan di dalam oven belum matang benar,dlm artian adonan masih setengah basah,alhasil yg terjadi ketika oven kita buka, adonan akan mengempis.Hal inilah yg dulu seringkali aku alami.Nggak sekali dua kali aku mengalami kegagalan dalam membuat kue soes,tapi hal ini justru membuat aku jadi semakin penasaran untuk menaklukan kue yg satu ini. Oh ya...satu hal lagi yg harus kita perhatikan,yaitu masalah "SUHU".Adapun suhu yg kita pakai untuk adonan dasar kue soes adalah 200derajat celcius dan memasukkan adonan pun hrs dlm keadaan over benar2 panas,jgn sekali kali memasukkan adonan dlm keadaan oven belum mencapai suhu tsb. Berikut aku coba share resep yang aku pakai kali ini aku ambil dari majalah Pastry and Bakery. Adapun bahan2 yang aku pakai terdiri dari 250ml air,125grm mentega,125grm tepung terigu,1/2sdt baking powder dan 3 butir telur. Cara membuatnya didihkan air dan mentega,lalu masukan campuran tepung terigu dan baking powder,aduk hingga kalis,Dinginkan. Selanjutnya setelah dingin masukan telur satu persatu dan kocok hingga tercampur rata.Masukkan ke dalam plastik piping bag dan semprotkan ke dalam loyang yg telah di oles mentega.(aku menggunakan loyang muffin yg tlh di alasi papper cup) ,isi 3/4 bagian dan kemudian panggang di suhu 200 derajat Celcius selama 30 menit atau hingga matang. Untuk Vla aku coba gunakan Vla Instant 250 grm yang dicampur dgn 600ml susu cair dgn cara di mixer.tambahkan essence aneka rasa .

Tidak ada komentar: